Selamat Datang di blog ini, semoga bermanfaat untuk semuanya, amin

Home » » Mendidik Anak Berdasarkan Golongan Darah

Mendidik Anak Berdasarkan Golongan Darah


http://keranjang-rotan-grosir.blogspot.com          Beberapa ahli berpendapat bahwa perilaku - tabiat - karakteristik - tingkah laku seorang anak sangat dipengaruhi oleh golongan darahnya. Oleh karena itu, ada baiknya, kita mengetahui bagaimana mendidik dan membesarkan anak-anak kita sesuai dengan golongan darah masing-masing. Selain itu, dengan mengetahui karakteristik diri kita (sebagai orang tua) berdasarkan golongan darah, dapat meminimalkan perbedaan karakteristik antara kita (orang tua, terutama ibu) dengan mereka (anak-anak tercinta).
        
Berikut beberapa informasi yang mungkin dapat dijadikan bahan masukan dan pertimbangan dalam kita mendidik dan mengasuh anak-anak kita.
Saran bagi para ibu :
Golongan Darah O
Berhati-hatilah agar kontak fisik tidak berujung pada masalah memanjakan anak secara berlebihan. Hal ini dikarenakan ibu dengan golongan darah O cenderung melimpahkan kasih sayang kepada anak berupa kontak fisik. Sehingga dapat menimbulkan sikap over protektif terhadap anak dan terkadang bersifat terlalu posesif.
Golongan Darah A
Jangan sampai pendidikan yang terlalu mendetil menjadi seperti mencari kesalahan anak. Ibu bergolongan darah A memiliki rasa tanggung jawab yang sangat tinggi terhadap anak. Terlalu memperhatikan segala sesuatunya dengan mendetil sehingga cenderung cerewet kepada anak. Tidak pandai bermain bersama anak, terkesan  seperti menggurui dan memiliki kecenderungan yang tinggi untuk mencari kesalahan pada anak.
Golongan Darah B
Perlu diperhatikan agar sejak kecil anak-anak tidak terlalu dibebaskan untuk bertindak sekehendak hatinya. Karena ibu dengan golongan darah B memiliki kecenderungan tinggi untuk memberi kebebasan dan membiarkan anak melakukan apa yang disukainya. Selain itu sebagian ibu dengan golongan darah B dalam bersikap tergantung pada suasana hatinya dan temperamental. Kelebihannya adalah ibu bergolongan darah B bisa bermain dengan anak seolah mereka adalah teman.
Golongan Darah AB
Ibu dengan golongan darah ini sangat pandai menyesuaikan diri dengan perkembangan anak, namun dalam pendidikan sangat tegas dan terkadang berkesan mengontrol anak. Pada saat berdiskusi secara serius dengan anak, sikap adil dan objektif ibu akan muncul, malah bersikap seperti komentator/kritikus yang malah akan mengecewakan anak.


          Dan berikut adalah beberapa informasi dan saran dalam mendidik anak berdasarkan golongan darahnya, dan dapat disesuaikan sebelumnya dengan golongan darah ibu :
  • penyebab dari keburukan perangai yang dilakukan oleh anak bergolongan darah O adalah kurangnya kontak fisik saat masa kecil.
  • anak bergolongan darah AB, jika dimanja malah cenderung menjadi anak yang acuh tak acuh.
  • orang yang bergolongan darah sama, secara ajaib akan saling mendekat (akrab).
  • anak bergolongan darah O dapat berkembang hanya pada hal yang telah dipelajari, golongan darah A memiliki perkembangan yang lambat, sedangkan golongan darah B dan AB sekalipun terampil tetapi mudah sekali berubah pikiran.
  • jika ingin mengembangkan anak bergolongan darah B, gunakan kemampuannya dalam berkonsentrasi.
  • anak bergolongan darah O senang belajar, sehingga latihan berulang-ulang kemungkinan tidak menimbulkan masalah baginya.
  • pada anak bergolongan darah A, yang penting adalah mengerti permasalahn daripada menghapal.
  • permasalahan pada anak dengan golongan darah AB adalah bagaimana memelihara konsentrasinya.
  • anak bergolongan darah B pandai bermain sendirian, namun jika terus dibiarkan akan menjadikannya lemah dalam hubungan antar manusia (menjadi kurang pandai bersosialisasi).
  • secara rata-rata golongan darah B memiliki kemungkinan untuk menjadi anak yang inferior, hal ini dapat disebabkan oleh temperamen pada anak bergolongan darah B.
  • prinsip orang bergolongan darah O yang fokus pada keluarga, ada kemungkinan membuat si anak menjadi anak yang berpusat pada diri sendiri (self-centered).
  • jika hubungan dengan anak bergolongan darah A yang sensitif cenderung dingin dan membiarkan, akan menghambat kebebasannya karena anak dengan golongan darah ini sejak kecil sangat mudah terluka perasaannya.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Posting Komentar

OK....SEKARANG BAGAIMANA KOMENTAR KAMU.......?
THANK YOU.......

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. golongan darah - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger