Selamat Datang di blog ini, semoga bermanfaat untuk semuanya, amin

Home » » KEPEMIMPINAN BERDASARKAN GOLONGAN DARAH

KEPEMIMPINAN BERDASARKAN GOLONGAN DARAH

Selasa, 25 Februari 2010 – Saya menyempatkan diri pergi ke Plasa Ambarukmo, mencari kemeja putih untuk digunakan di Pendadaran. Setelah keperluan mencari kemeja putih selesai, sejenak saya mampir ke Toko Buku Gramedia, sekedar mencari/melihat/membeli buku (kira-kira ada buku yang menarik ndak ya ???). Sampailah aku di rak buku Manajemen, aku lihat-lihat (apa ya yang menarik), lama aku lihat tapi tidak ada yang menarik, aku balikkan badan; aha… ini menarik bukunya “Kepemimpinan Berdasarkan Golongan Darah” Karya dr. Sonja Roesma, SKM; Pertanyaan dalam benakku Gimana ya sudut pandangnya ??? Pengaruh Golongan Darah dengan Kepemimpinan ??? Ilmiah ??? Ngukurnya dengan statistik mungkin ???
PERSEPSI dr. Sonja Roesma, SKM
Penulis sangat terkesima dengan observasi D’Adamo dalam bukunya “Eat Right For Your Blood Type” tentang hubungan golongan darah dan kepemimpinan. D’Adamo memaparkan karakteristik pemimpin dunia melalui ciri-ciri genetik sesuai tipe golongan darah, seperti kepribadian, perilaku dan kebiasaan. Sebelumnya Tosjikata Nomi menulis buku tentang hubungan golongan darah dengan kepribadian (jenis pekerjaan, jodoh, dll).
Pada tahun 1983, Nomi dan Besher menulis buku “You Are Your Blood Type”. Masyarakat jepang banyak meyakini kebenaran teori ini. Bahkan keyakinan mereka hingga tataran menjalin hubungan pernikahan (^_^ hehehehe) : tipe golongan darah masing-masing mempelai tidak boleh bertentangan menikah (^_^ hehehehe). Karena, jika 2 tipe golongan darah bertentangan menikah (^_^ hehehehe), maka mengakibatkan cacat genetic fatal terhadap janin. Teori ini bukan ramalan seperti dalam buku ilmu astrologi.
Sebagai upaya mengaitkan hubungan golongan darah dengan kepemimpinan di Indonesia, penulis menghubungi sejumlah pejebat, pendidik, ulama, entrepreneur untuk digunakan sebagai sampel. Penulis bertanya (wawancara) tentang curriculum vitae berikut catatan golongan darah mereka yang memimpin pada masa sekarang dan masa lalu.
Sebenarnya untuk membuktikan pengaruh golongan darah terhadap kepemimpinan harus dengan penelitian (pasti pake statistik ne, hehehehe ^_^). Semoga ada peneliti yang tertarik. Meski itu pekerjaan sulit karena variabel penelitiannya sangat luas dan menyentuh aspek pendidikan, “leadership”, rekam jejak (Track Record), golongan darah, IQ, dan lainnya. Tapi tidak mustahil untuk dilakukan (Hayo siapa yang tertarik untuk menelitinya ???).
KARAKTERISTIK KEPEMIMPINAN GOLONGAN DARAH
Golongan Darah Tipe O

Karakteristik Kepemimpinan pada golongan darah tipe O, yang mewarisi sifat kepemimpinan dari ayah dan kakeknya, yaitu keinginan kuat untuk berhasil, yakin dan berkuasa (Powerful), logis dan strategik, inovatif, mempunyai pengikut, optimis serta segar bugar, sehat fisik dan mental, memiliki kekebalan kuat dan mampu menghilangkan pengaruh negatif stress dengan olah raga berat.
Contoh Pemimpin tipe O yang khas di Indonesia adalah KH. Abdurrahman Wahid (Presiden ke IV Indonesia), Letjen Ali Salidikin (Mantan Gubernur DKI Jakarta), Prof. DR. Azyumardi Azra MA (Mantan Rektor UIN Syahid) dan DR.Ir. Ciputra (Entrepreneur Handal).
Golongan Darah Tipe A
Karakteristik Kepemimpinan pada golongan darah tipe A yaitu toleran, sensitif, sangat kooperatif, mempunyai bakat untuk mengutarakan pendapatnya dengan jelas (Narrative Intelligence), dapat mengontrol diri (Self Control) dan pintar (Smart) dalam menghadapi kehidupan yang kompleks. Namun kelemahannya adalah jika stress dan stress dipendamnya sendiri. Jika stressnya melampaui batas akan menumpuk pada dirinya dan suatu waktu akan meledak. Untuk menguranginya dengan melakukan teknik fokus dan relaksasi seperti yoga, meditasi, dzikir atau taichi.
Contoh Pemimpin tipe A yang khas di Indonesia adalah KH. Prof. Ali Jafie; Taufiq Ismail (Penyair); Effendi Gazali PhD., MPS. ID (Pakar Komunikasi).
Golongan Darah Tipe B
Karakteristik Kepemimpinan pada golongan darah tipe B yaitu bersikap sangant balans, fleksibel, sistematis, kreatif, memiliki kekuatan manajerial, dan lebih netral. Namun mereka membutuhkan keseimbangan antara aktivitas fisik dan mental, agar tetap sehat dan tajam pemikirannya. Kepemimpinan Tipe B ini pada umunya menjadi pemimpin di pemerintahan/general manager di perusahaan, bahkan posisi tertinggi seperti presiden/wakil presiden.
Contoh Pemimpin tipe B yang khas di Indonesia adalah DR. Muh. Jusuf Kalla (Wakil Presiden RI 2004-2009), Bima Arya Sugiarto (Direktur Eksekutif Lead Institute Paramadina), H. Wahfiudin SE. MBA (Ustad/ Praktisi Tasawuf), dr. Fahmi Idris M.Kes (Dosen FK UNSRI).
Golongan Darah Tipe AB
Karakteristik Kepemimpinan pada golongan darah tipe AB yaitu tegas, cerdas, optimis, sangat kharismatik, toleran, kooperatif, balans, manajerial, memiliki kemampuan berbahasa, diplomatis dalam setiap situasi, tidak menaruh dendam jika dikecewakan. Kelemahannnya hanya di penyakit dirinya sendirinya, memiliki sistem kekebalan yang rapuh terutama dalam menghadapi stress. Sehingga dianjurkan untuk berolahraga sepeti yoga, meditasi, dzikir, taichi, golf, berenang, dansa, atau stretching.
http://keranjang-rotan-grosir.blogspot.comContoh Pemimpin tipe O yang khas di Indonesia adalah Dr. Soewardjono Surjaningrat Sp.OG (Menteri Kesehatan 1978-1988), Prof. Emil Salim (mantan Menteri Perhubungan RI), Arwin Rasyid SE. MBA (Dirut PT Telkom).
REFLEKSI DIRI
Diatas telah dipaparkan karakteristik kepemimpinan berdasarkan golongan darah. Kepemimpinan kita dalam menjalankan amanah bisa jadi merupakan cerminan dari tipe golongan darah kita, believe it or not.
Nabi Muhammad SAW bersabda tentang Kepemimpinan :
“Ibda ‘bi nafsi”(mulai dari diri sendiri)

Sumber :
Roesma, Sonja G. 2009. Kepemimpinan Berdasarkan Golongan Darah. Jakarta : Rajut Publishing House.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Posting Komentar

OK....SEKARANG BAGAIMANA KOMENTAR KAMU.......?
THANK YOU.......

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. golongan darah - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger