Selamat Datang di blog ini, semoga bermanfaat untuk semuanya, amin

Home » » Cara mengasuh anak menurut golongan darahnya

Cara mengasuh anak menurut golongan darahnya

Pada bagian ini akan dibahas tentang peran orangtua dan apa yang dapat dilakukan dan orang sekitarnya untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, karakteristik anak berdasarkan golongan darahnya.
A. Pola Asuh untuk Anak Golongan Darah O
Karakteristik umum pada anak golongan darah O ini adalah anak memiliki keinginan yang kuat untuk melakukan sesuatu agar dirinya berbeda dengan yang lain. Melihat karakteristik tersebut orangtua dapat memberikan target kepada anaka golongan darah O, dan haruslah memberikan target yang layak dicapai oleh anak.
Anak Golongan Darah O mempunyai sikap pemimpin. Orangtua sebaiknya mengajarkan sifat yang harus di miliki oleh seorang pemimpin yang adil, terbuka dan mau menerima masukan dari oranglain. Apabila sifat ini diajarkan oleh orangtua dan guru, maka akan lebih mudah diterima oleh anak, karena biasanya tunduk pada orang yang lebih ‘kuat’
Secara singkat, hal-hal yang dapat dilakukan orangtua untuk anak yang bergolongan darah O adalah sebagai berikut :
1. Orangtua dapat menyusun target buat si anak yang layak di capai oleh anak.
2. Anak dapat dilatih untuk menerima kenyataan.
3. Diberikan pujian apabila si anak membantu temannya.
4. Mengajarkan sikap pemimpin yang adil, terbuka dan menerima masukan dari oranglain.
5. Orangtua melakukan kontak fisik sebagai wujud rasa sayang pada anak
B. Pola Asuh Untuk Anak Golongan Darah A
Lingkungan, termasuk keluarga adalah faktor yang sangat berpengaruh terhadap perkermbangan anak yang bergolongan darah ini. Karena si Anak sangat memperhatikan apa yang dipikirkan oranglain terhadap dirinya. Anak golongan darah ini sangat mementingkan kesempurnaan. Mereka akan sangat patuh terhadap aturan- aturan yang telah ditetapkan. Hal tersebut sangat positif apabila orangtua dapat memafaatkan situasi ini. Anak bergolongan darah ini akan menjadi teratur pada saat dewasa nanti.
Anak yang bergolongan darah ini mempunyai kebiasaan tidak bisa melakukan sesuatu dengan santai. Untuk itu tugas dari orangtua adalah melatih anak untuk dapat bersikap relaks dalam satu kondisi.
Secara singkat, hal-hal yang dapat dilakukan orangtua untuk anak yang bergolongan darah A adalah sebagai berikut :
1. Mengajak anak berdiskusi untuk menetapkan peraturan yang sesuai dengan kondisi anak
2. Orangtua memberikan hadiah berupa pujian, atau hadiah kecil lainnya saat anak dapat menunjukkan kemampuannya (bersikap baik)
3. Mengajarkan anak untuk tetap berpikir positif terhadap pemikiran orang tentang dirinya.
4. Apabila anak melakukan kesalahan, sampaikan kepada anak secara baik-baik dan tidak di depan umum
5. Melatih anak untuk melakukan sesuatu dengan santai dan relaks.
C. Pola Asuh Untuk Anak Golongan Darah B
Anak yang bergolongan darah ini sangat terkenal dengan anak yang tidak dapat di kekang. Dengan kata lain sangat menyukai kebebasan. Peran orangtua sangat penting pada perkembangan anak golongan darah ini. Agar anak tidak melenceng jauh.
Dalam menyampaikan sesuatu kepada anak golongan darah ini harus sangat hati-hati, karena jangan sampai timbul kesan memberikan perintah kepada anak. Karena anak ini sangat tidak suka diperintah. Hal positif yang dimiliki oleh anak golongan darah ini adalah mereka mempunyai banyak ide berani dan unik. Untuk itu orangtua harus mampu memfasilitasi dan mengarahkan anak agar ide-ide mereka bermanfaat.
Secara singkat, hal-hal yang dapat dilakukan orangtua untuk anak yang bergolongan darah B adalah sebagai berikut :
1. Memberikan pengertian kepada anak bahwa ide yang dimiliki haruslah bermanfaat dan dapat membantu oranglain.
2. Memberikan kebebasan “terbatas” kepada anak selama kebebasan tersebut tidak merugikan dirinya maupun oranglain.
3. Orangtua memberikan situasi atau kondisi agar anak dapat mengembangkan ide-ide beraninya yang bermanfaat.
4. Berkomunikasi dengan anak ini jangan berkesan memerintah, karena anak ini tidak suka dengan perintah.
D. Pola Asuh Untuk Anak Golongan Darah AB
Karakteristik anak yang mempunyai golongan darah ini agak unik. Itu karena terdapat 2 gen darah yang sifatnya saling bertolak belakang yaitu Golongan darah A yang sifat umumnya begitu tenang dan Golongan darah B yang sifat umumnya menginginkan kebebasan dan tidak mau dikekang. dengan peraturan-peraturan.
Orangtua jika mengajarkan sesuatu pada anak jenis golongan darah ini haruslah memperhatikan mood anak. Karena anak jenis golongan darah ini sering memperlihatkan mood yang gampang berubah ubah. Namun mood yang berubah-ubah ini akan berakibat anak memiliki perasaan cepat bosan.
Secara singkat, hal-hal yang dapat dilakukan orangtua untuk anak yang bergolongan darah B adalah sebagai berikut :
http://keranjang-rotan-grosir.blogspot.com1. Berikan tugas yang menarik dan disukai anak, namun membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikannya.
2. Setiap anak diminta untuk memutuskan sesuatu, ingatkan anak bahwa anak harus mempertimbangkan 2 sisi dari keadaan tersebut.
3. Tantangan bagi orangtua adalah mempertahankan mood anak agar tidak cepat bosa, dengan segala cara mencari strategi untuk membuat tugas yang telah dikerjakan menjadi menyenangkan kembali.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Posting Komentar

OK....SEKARANG BAGAIMANA KOMENTAR KAMU.......?
THANK YOU.......

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. golongan darah - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger